Transfer Kredit Pelajar

Hay Readers, apa kabar nih? Gimana puasa kalian udah pada bolong apa belum? Mimin doain lancar sampai akhir aamiin. Mimin membawa berita gembira nih buat warga Kampus 3. Penasaran bukan? Kali ini ada hal yang membanggakan dari Kampus 3 teman apa ya.. mari kita simak

Pertukaran pelajar yang diadakan pada bulan Februari oleh Fakultas Ilmu Pendidikan yang diwakili oleh 3 Mahasiswa dari FIP yaitu dari Kampus 3, Kampus 2, dan TEP. Tetapi untuk yang berangkat ke Thailand hanya 2 Mahasiswa yaitu dari Kampus 3 dan Kampus 1 dari TEP. Mahasiswa Kamus 3 memang tidak ada matinya dalam hal prestasinya baik akademik maupun non-akademik. Hal ini yang membawa nama baik Kampus 3 Blitar yaitu Mahasiswa dari angkata 2016 yang bernama Ria Dwi Ambarwati, asal dari Trenggalek, Jawa Timur. Ambar sapaan akrab teman-temannya ini meraih penghargaan sebagai Mahasiswa Pertukaran Pelajar atau Transfer Kredit ke Prince of Songkla University Pattani Campus, Thailand. Persyaratan dalam Pertukaran Pelajar yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan salah satunya harus sudah menempuh kuliah semester VI dan nilai Toefel harus diatas atau sama dengan 450.

Konsep dari Pertukaran pelajar ini bisa dikatankan sebagai Transfer Kredit dimana kita belajar atau menempuh perkuliahan di luar negeri tetapi nilainya bisa ditransfer di Indonesia, jadi kita tidak payah untuk mengulang tentang mata kuliah yang sudah ditempuh di luar negeri. Mata kuliah yang di ambil oleh Ambar di Prince of Songkla University Pattani Campus, Thailand antara lain Music, Tari, Professional Interensic, Computer Technology, Science ( Kimia dan Fisika ). Disana Ambar juga belajar menari tarian asal Thailand dan belajar menginstrument lagu asal Thailand yang bernama Cloe. Lalu dari menginstrumen lagu asal Thailand ini Ambar juga belajar tentang musik tradisional Thailand yaitu K-POP dan musik nasional.

Tips untuk kita dari Ambar yaitu untuk terus rajin membuka SiPEJAR,  Web mahasiswa di SIAKAD dan di Web UM yang menginformasikan tentang beasiswa-beasiswa, informasi tentang pertukaran pelajar, dan masih banyak lagi. Harapan dari Ambar yaitu ingin dapat mengaplikasikan dan juga ingin mengeshare pengalaman-pengalaman yang didapatnya selama di Thailand mungkin tentang budaya, cara beradaptasinya, dosen-dosen disana, lingkungan disana dan masih banyak lagi.

Nah bagaimana dari bahasan kita di atas kita dapat mengambil pengalaman dari Ambar yaitu jadilah mahasiswa yang aktif serta informatif selamat berproses teman. Sekian dari bahasan kita hari ini jangan lupa tinggalkan komen kalian dibawah ya Readers.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *