“Seminar Nasional KKM II 2023: Transformasi Pendidikan melalui Peran Guru Penggerak”

Koordinatorat Kegiatan Mahasiswa III Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM) baru-baru ini menyelenggarakan program kerja yaitu Seminar Nasional yang bertemakan “Transformasi Pendidikan melalui Peran Guru Penggerak”. Acara ini diselenggarakan pada Sabtu, 14 Oktober 2023 secara online via zoom meeting dan live youtube.

Seminar ini dihadiri oleh para akademisi, praktisi pendidikan, serta guru-guru yang memiliki peran penting dalam mendukung transformasi pendidikan di Indonesia. Fokus utama dari seminar ini adalah bagaimana guru dapat menjadi penggerak utama dalam menghadapi perubahan dan menciptakan perubahan positif dalam dunia pendidikan. Dengan topik yang cukup hangat dibincangkan saat ini terutama bagi para guru, seminar ini sangat diminati oleh banyak orang dengan jumlah mencapai lebih dari 1.000 partisipan. 

Seminar Nasional ini menghadirkan tiga narasumber antara lain Bapak Falidan Ahmad, M.Pd selaku Instruktur Program Sekolah Penggerak serta Bapak Dr. Yohannes K.B, M.Pd yaitu Dosen PGSD Universitas Negeri Malang. Diskusi dalam seminar mencakup berbagai topik, mulai dari peluang dan tantangan guru penggerak dalam mewujudkan transformasi di satuan pendidikan, hingga esensi pendidikan guru penggerak dalam transformasi kepemimpinan pembelajaran. 

Selain itu, panitia seminar juga memberikan waktu untuk sesi tanya jawab bagi peserta seminar. Sesi tanya jawab dan diskusi interaktif juga menjadi highlight acara, di mana peserta aktif berbagi pengalaman, tantangan, dan solusi dalam menjalankan peran mereka sebagai guru. Berbagai pengetahuan baru dan keterampilan praktis secara tidak langsung didapatkan oleh partisipan yang nantinya dapat dijadikan bekal dalam mengimplementasikan transformasi pendidikan di lingkungan mereka. 

Seminar Nasional ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk transformasi pendidikan yang lebih baik kedepannya melalui peningkatan peran guru sebagai agen perubahan dalam menghadapi tantangan pendidikan di era yang terus berkembang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *