SEMINAR NASIONAL 2019

Hello guys, selamat siang dan selamat beraktivitas readers yang budiman, oke berjumpa lagi dengan admin. Kalian pasti udah taukan kita akan bicara apa hari ini? Yappp kita akan sekilas membicarakan tentang kegiatan asik yanga ada di Kampus 3 ini. Oke jangan banyak biacara, cedikot..
Pada hari Sabtu, tanggal 14 September 2019 telah diselenggarakan acara Seminar Nasional Pendidikan di Aula Kampus 3 Universitas Negeri Malang. Acara ini merupakan salah satu program kerja tahunan dari KKM 3 (Koordinatorat Kegiatan Mahasiswa Kampus 3). Seminar ini dibuka langsung oleh Kepala Jurusan KSDP Universitas Negeri Malang, Bapak Dr. H. Sutarno, M.Pd. Seminar yang bertajuk tema “Strategi Pendidik Berkarakter Menyongsong Bonus Demografi Menuju Indonesia Emas 2045” itu berjalan dengan lancar dan spektakuler.
Seminar Nasional Pendidikan Kampus 3 UM diadakan di Aula Kampus 3 Universitas Negeri Malang, lebih tepatnya di Jalan Ir. Soekarno No. 1, Kota Blitar. Sebelum memasuki acara, peserta melakukan registrasi terlebih dahulu serta mendapatkan fasilitas-fasilitas sesuai ketentuan. Acara ini dimulai pukul 07.00 WIB dengan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya serta sambutan-sambutan yang terdiri dari sambutan ketua pelaksana, sambutan ketua Umum KKM 3, serta sambutan dari Kepala Jurusan KSDP yaitu Bapak Dr. H. Sutarno, M.Pd. sekaligus membuka acara pada pagi itu dengan dipandu oleh dua MC hebat dari UKM IPRI, Agung Laksono dan Sarah Lutfia. Setelah dibuka oleh Bapak Kajur, para pemain tari dari UAM Tari Kampus 3 UM menunjukkan kebolehannya dengan menampilkan tari kontemporer dan tari Remo.
Setelah penampilan tari, masuklah pada inti acara Seminar yaitu pemaparan materi yang dipandu oleh moderator pertama yaitu Bapak Arda Purnama Putra, M.Pd. Beliau merupakan salah satu dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Materi yang pertama disampaikan oleh Bapak Prof. Dr. H. M. Zainuddin, M.Pd. Beliau adalah salah satu guru besar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Mantan wakil walikota Blitar ini memaparkan materi yang luar biasa mengenai peran dunia pendidikan dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Setelah selesai menyampaikan materinya, beliau melakukan sharing dan tanya jawab dengan peserta Seminar pagi itu.
Selanjutnya masih dengan moderator yang sama, materi kedua yang disampaikan oleh Ibu Dr. Hj. Umi Dayati, M.Pd. Beliau merupakan salah satu dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang dan juga menyandang gelar motivator level ASEAN. Tidak main-main sesuai dengan gelarnya, beliau sangat antusias dalam menyampaikan materinya dengan memberikan banyak sekali motivasi-motivasi kepada peserta. Penyampaian materi beliau sangatlah seru dan tidak membuat jenuh. Selain memotivasi, dosen yang sudah melanglang buana ke ASEAN ini juga menyampaikan materi yang bermanfaat tentang strategi seorang pendidik dalam melahirkan generasi pendidik yang berkarakter.
Setelah pemberian banyak motivasi oleh Ibu Umi, UAM MCK (Music Corner Kampus 3) menunjukkan aksinya untuk menghibur peserta. Setelah itu, moderator kedua yaitu Lindawati, sang mahasiswa berprestasi Fakultas Ilmu Pendidikan mempersilahkan pemateri ketiga untuk menyampaikan materinya. Pemateri yang ketiga yaitu Yauma Bahru Isnaini, S.Pd. Beliau adalah juara 3 duta Generasi Berencana Nasional jalur Masyarakat tahun 2017. Perempuan muda yang akrab disapa mbak Yauma ini memiliki banyak pengalaman organisasi sehingga beliau memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menjadi pemateri Seminar Nasional Pendidikan. Mbak Yauma memaparkan materi tentang peran generasi muda dalam menyongsong bonus Demografi dimana generasi muda harus memanfaatkan usia produktif nya dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif.
Acara Seminar Nasional Pendidikan pada pagi hari itu dihadiri oleh 240 peserta diantaranya Kepala Jurusan KSDP FIP yaitu Bapak Dr. H. Sutarno, M.Pd., Koordinator Pelaksana Program Kampus 3, Ibu Yuniawatika, S.Pd., M.Pd., beberapa dosen FIP Kampus 3, staff Tata Usaha, mahasiswa kampus 3 Universitas Negeri Malang, mahasiswa Universitas lain, Ormawa (Organisasi Kemahasiswaan) FIP UM seperti Badan Eksekutif Mahasiswa FIP, Dewan Perwakilan Mahasiswa FIP, Himpunan Mahasiswa Jurusan dari FIP, guru-guru dari berbagai jenjang pendidikan, pejabat dinas, dan sebagainya. Diharapkan acara Seminar Nasional Pendidikan tahun ini dapat memberikan banyak manfaat bagi semua khalayak demi tercapainya Indonesia Emas 2045. Sesuai jargonnya “Ready for Action”, acara ini telah berhasil dalam “aksi” nya yang mampu berjalan dengan lancar dan spektakuler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *