Tumbuhkan Potensi Akademik Mahasiswa Melalui Webinar Karya Tulis Ilmiah 2023

Pada tanggal 18 Maret 2023 Koordinatorat Kegiatan Mahasiswa III (KKM III) telah sukses menyelenggarakan acara Webinar Karya Tulis Ilmiah 2023 dengan tema “Optimalisasi Mahasiswa dalam Pengembangan Ide Kreatif, Inovatif, dan Solutif melalui Kepenulisan Karya Tulis Ilmiah”. Kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi aktif KKM III dalam mengupayakan peningkatan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa, khususnya Kampus 3 Universitas Negeri Malang, serta masyarakat umum dalam menghasilkan karya tulis ilmiah yang berkualitas, memenuhi standar akreditasi yang lebih tinggi, dan meningkatkan Re Akreditasi Jurnal Ilmiah.

Webinar Karya Tulis Ilmiah 2023 diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom Meeting dan Live Youtube Official KKM III UM. Acara ini menghadirkan dua pemateri ahli dibidangnya, yaitu Yongky Teguh Setiaji selaku salah satu mahasiswa berprestasi Universitas Negeri Malang dan Dr. Erick Burhaein, S. Pd., M. Pd., AIFO selaku dosen tetap Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen. Kemeriahan acara ini dipandu oleh Dr. Surayanah M. Pd sebagai moderator. 

Webinar Karya Tulis Ilmiah 2023 dibuka dengan sambutan dari Dr. Muh. Arafik, S. Pd., M.Pd. selaku Kepala Departemen Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Beliau mengungkapkan harapannya dengan diselenggarakannya acara ini akan mendukung berkembangnya pengetahuan dan keterampilan mahasiswa mengenai kepenulisan karya tulis ilmiah (KTI), khususnya kepenulisan artikel. 

Selanjutnya, memasuki kegiatan inti, yaitu penyampaian materi. Materi pertama berjudul “Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional Bereputasi” yang dibawakan oleh Dr. Erick Burhaein, S.Pd., M.Pd., AIFO dari Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen. Beliau mengungkapkan jurnal internasional bereputasi adalah jurnal yang memenuhi kriteria jurnal internasional dan yang diakui oleh Kemendikbudristek dengan SJR jurnal diatas 0.1 atau memiliki IF WoS paling sedikit 0.05. Selain itu, Bapak Burhaein juga mengungkapkan pentingnya publikasi jurnal internasional sebagai syarat kelulusan, untuk menunjang karir dan studi lanjutan, serta membangun kolaborasi antar peneliti. Beliau juga membagikan tips-tips terkait penulisan artikel ilmiah, mulai dari judul yang menarik dan permasalahan yang diangkat harus mengandung nilai edukasi serta kebermanfaatan.

Selanjutnya, materi kedua berjudul “Pengembangan Ide Kreatif, Inovatif, dan Solutif” dibawakan oleh Yongky Teguh Setiaji. Pada pemaparan materinya, Kak Yongky mengungkapkan bahwa karakteristik karya tulis ilmiah antara lain berlandaskan teori, lugas dan logis, efektif dan efisien, serta objektif dan sistematis. Kemudian, disampaikan juga tentang cara mencari topik atau ide di mana menurut Kak Yongky cara-cara tersebut meliputi menentukan tema, menganalisis fenomena, membaca berita, dan penelitian terdahulu. Selain itu, materi yang paling menarik dari apa yang telah disampaikan oleh Kak Yongky adalah tips menjuarai lomba karya tulis ilmiah.

Webinar Karya Tulis Ilmiah 2023 telah menarik antusias 321 peserta dari mahasiswa dan umum, baik internal maupun eksternal Universitas Negeri Malang. Dengan terselenggaranya webinar ini diharapkan mampu mengoptimalkan keterampilan kepenulisan karya tulis ilmiah bagi mahasiswa demi tercipta kualitas generasi penerus bangsa yang cerdas dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *