PEKAN ILMIAH OLAHRAGA DAN SENI TAHUN 2023 (PIOS)

Pekan Ilmiah Olahraga dan Seni atau bisa disebut PIOS merupakan salah satu program kerja yang ada di KKM III yang berupa lomba yang ditujukan hanya untuk mahasiswa kampus 3 Universitas Negeri Malang. PIOS tahun 2023 ini mengusung tema “Ciptakan Persatuan, Rekatkan Persaudaraan, Raih Kemenangan”. PIOS ini dimulai pada tanggal 10 Sepember sampai 23 September 2023. Kegiatan ini berisikan perlombaan dalam bidang ilmiah, olahraga, dan seni dengan harapan dapat mengoptimalkan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa. Kegiatan ini akan oleh mahasiswa dari setiap per-offering yang ditunjuk sebagai perwakilan. Cabang perlombaan yang diperlombakan yaitu Essai, Poster digital, Tari, Putra Putri Kampus 3, Badminton dan Volly. 

PIOS diawali dengan pembukaan pada tanggal 14 September 2023. Pembukaan ini diwarnai dengan balon yang diterbangkan oleh para peserta yang terdiri 9 Offering dari tiga angkatan terakhir. Antusias peserta lomba sangat tinggi bahkan pembukaan PIOS tahun ini sangat berbeda dari tahun sebelumnya.

Selanjutnya untuk perlombaan dimulai dari lomba Essai dan Poster digital yang dilaksanakan secara daring dimulai dari setelah Technical Meeting sampai sebelum malam puncak PIOS. Dalam lomba ini tim juri terdiri dari dosen yang sesuai dengan bidangnya yang akan melakukan penilaian terhadap hasil dari para peserta.

Kemudian lomba Tari dan Putra Putri Kampus 3 ini dilaksanakan pada saat malam puncak acara yaitu tanggal 23 September 2023. Khusus untuk Putra Putri Kampus 3 hanya diikuti oleh angkatan 2022 dan 2023 serta bersifat wajib. Untuk juri pada lomba ini yaitu terdiri dari dosen, alumni mahasiswa kampus 3, Putra Putri kampus 3 dari tahun sebelumnya serta Diajeng dari Kota Blitar.

Dan yang terakhir lomba Badminton dan Volly ini dilaksanakan pada tanggal 15-17 September 2023. Untuk Badminton dilaksanakan di Gor melati dan untuk Volly dilaksanakan di Lapangan Volly Kampus 3 Universitas Negeri Malang.

Selanjutnya yaitu momen yang ditunggu-tunggu yaitu malam puncak PIOS yang dilaksanakan pada tanggal 23 September 2023. Dimana akhir acara ini merupakan pengumuman pemenang dari setiap cabang lomba PIOS 2023. Untuk lomba Essai, Poster digital, Tari, Badminton dan Volly ini masing-masing lomba terdapat juara 1, 2 dan 3. Sedangkan untuk Putra Putri Kampus 3 terdapat kategori pemenang yaitu Putra dan Putri Kampus 3, Putra dan Putri Berbakat, serta Putra dan Putri Favorit.

Perlu diketahui tujuan adanya kegiatan PIOS ini yaitu untuk menjaring, mendukung, dan mewadahi bakat dan minat mahasiswa serta mencari potensi-potensi dan juga bakat yang ada pada mahasiswa kampus 3 itu sendiri. Selain itu, juga mempersiapkan mahasiswa yang memiliki bakat serta kemampuan pada bidang akademik maupun nonakademik untuk menjadi peserta pada perlombaan yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *