Lomba Cerdas Cermat (LCC1st) Se-Eks Karesidenan Kediri Open 2022

Lomba Cerdas Cermat (LCC1st) Se-Eks Karesidenan Kediri Open 2022 adalah lomba cerdas cermat tingkat SD/MI kelas tinggi pada wilayah Karesidenan Kediri. Lomba Cerdas Cermat (LCC1st) Se-Eks Karesidenan Kediri Open 2022 merupakan program kerja pertama dan program kerja rintisan pada tahun  2022 dari KKM III UM (Koordinatorat Kegiatan Mahasiswa Kampus III Universitas Negeri Malang). Lomba Cerdas Cermat ini menyusung tema “Membentuk Insan Cendekia melalui EKSPRESI (Ekspose Potensi Menjadi Prestasi)”. Selama pelaksanaan Lomba Cerdas Cermat ini dilaksanakan, terdapat total 82 tim yang berasal dari kelima regional yaitu Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Kediri, dan Nganjuk. Masing-masing tim beranggotakan 3 siswa SD/MI sehingga total keseluruhan peserta adalah 246 siswa SD/MI. Lomba cerdas cermat ini menggunakan 2 babak yaitu babak penyisihan dan babak final.

Untuk babak penyisihan diadakan di 5 wilayah yaitu Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Kediri, dan Nganjuk. Babak penyisihan pada wilayah Trenggalek bertempat di SDN 3 Ngantru, wilayah Tulungagung bertempat di SD Negeri 1 Kampungdalem, wilayah Blitar bertempat di TK Al-Hidayah Darussalam, wilayah Kediri bertempat di SMA Negeri 4 Kediri, dan wilayah Nganjuk bertempat di SDIT Baitul ‘Izzah.

Teknis pelaksanaan babak penyisihan Lomba Cerdas Cermat ini terdapat 2 sesi. Pada sesi 1 menggunakan sistem rekapitulasi dimana panitia akan memberikan 5 soal, dan bagi tim yang berhasil menjawab minimal 3 soal dengan benar akan lanjut ke sesi 2. Pada sesi 2 menggunakan sistem gugur dimana panitia membacakan soal, kemudian jika tim menjawab dengan salah maka langsung keluar dari area perlombaan. 1 tim dari masing-masing regional yang berhasil bertahan dalam babak penyisihan menjadi finalis dalam babak final. Finalis tersebut adalah SDIT Permata Umat dari Trenggalek, SD Negeri Kampungdalem 4 dari Tulungagung, SD Laboratorium UM dari Blitar, SD Negeri Burengan 2 dari Kediri, dan SDN 1 Ploso dari Nganjuk.

Untuk babak final sendiri dilaksanakan di Kampus 3 Universitas Negeri Malang yang beralamat Jl. Ir. Soekarno No. 01, Kepanjen Lor, Kota Blitar, Jawa Timur. Teknis pelaksanaan babak final Lomba Cerdas Cermat ini menggunakan sistem rekapitulasi poin. Panitia memberikan 20 soal yang dibacakan satu per satu. Masing-masing tim saling berebut jawaban setelah dibacakan pertanyaan. Sistem rebutannya menggunakan bel yang mana tim yang menekan bel pertama maka mereka yang bisa menjawab pertanyaan. Tim yang menjawab dengan benar maka akan mendapatkan 100 poin, tim yang menjawab salah mendapat pengurangan 50 poin, dan tim yang tidak menjawab tidak mendapatkan poin. Setelah 20 soal sudah dibacakan semua, maka pemenang ditentukan berdasarkan poin yang terkumpul.

Dari hasil rekapitulasi point diperoleh Juara 1 yaitu SD Negeri Burengan 2 Kota Kediri dengan point sebanyak 400 point, Juara 2 yaitu SD Laboratorium UM Kota Blitar dengan point sebanyak 350 point, dan untuk Juara 3 yaitu SD Negeri Kampungdalem 4 dengan point sebanyak 300 point. Semua peserta yang mendaftar dan mengikuti Lomba Cerdas Cermat diberi sertifikat peserta dan marchandise. Pemenang Lomba Cerdas Cermat mendapatkan piagam penghargaan, medali, dan uang pembinaan. Terkhusus pemenang Juara 1 mendapatkan piala bergilir yang harus dijaga dan dirawat oleh pemenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *