Diskusi Eksternal POSDM : Intelektual Dan Religi Sebagai Bahan Pengutan Sumber Daya Mahasiswa

Divisi POSDM (Pengembangan Organisasi dan Sumber Daya Mahasiswa) mengadakan sebuah diskusi melalui live Instagram KKM III yang membahas peran intelektual dan religi sebagai bahan pengutan sumber daya mahasiswa dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

 Diskusi ini dihadiri oleh narasumber Naufal Asyraf Hamid, Ketua BEM FIP tahun 2023, dan dipandu oleh seorang moderator dari divisi POSDM itu sendiri. Fokus diskusi adalah mengenai pentingnya keseimbangan antara ilmu dan religi dalam kehidupan sehari-hari. Narasumber menyampaikan bahwa intelektual adalah kemampuan seseorang untuk memperoleh ilmu pengetahuan, namun, hal ini seharusnya berjalan seiring dengan religi sebagai pedoman dalam berperilaku. Seseorang yang memiliki ilmu pengetahuan tanpa iman dapat berdampak negatif pada pemanfaatan ilmunya, begitu juga dengan seseorang yang memiliki iman tetapi tanpa ilmu, ilmu yang dimilikinya menjadi lemah.

Dalam diskusi ini, dibahas beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas, antara lain menanamkan tujuan-tujuan yang ingin dicapai, mencari kegiatan positif yang dapat memacu semangat, mengikuti kegiatan sosial atau organisasi di bidang religi, serta memanfaatkan waktu yang dimiliki untuk mencapai tujuan hidup di dunia dan akhirat. Diharapkan diskusi ini dapat memberikan motivasi kepada masyarakat luas, terutama mahasiswa, untuk lebih giat dalam mencari ilmu dan menjaga keseimbangan antara intelektualitas dan religi.

Dengan demikian, diharapkan mahasiswa dapat menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan semangat dan kesadaran yang lebih tinggi. Diskusi ini juga menjadi ajang bagi mahasiswa untuk berbagi pengalaman dan saling menginspirasi dalam menggabungkan aspek intelektual dan religi dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan spiritual dan intelektual mahasiswa, serta meningkatkan kualitas ibadah mereka.

Melalui platform live Instagram KKM III ini, Divisi POSDM berharap dapat terus mengadakan diskusi-diskusi bermanfaat untuk memotivasi mahasiswa dalam mengembangkan diri mereka dan memanfaatkan sumber daya yang ada dengan sebaik-baiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *