FIP-JIP 2023: Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia Melalui Transformasi Ilmu Pendidikan

Pada tanggal 1 hingga 6 Juli 2023, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar FIP-JIP 2023 yang berisi serangkaian acara bergengsi, termasuk International Conference, pancalomba, dan penghargaan bagi dosen dan tenaga kependidikan berprestasi. Acara ini berhasil menarik perhatian para profesional, akademisi, dan mahasiswa di bidang pendidikan dari berbagai wilayah. Forum FIP-JIP merupakan pertemuan ilmiah rutin dua tahunan yang diselenggarakan dalam rangka memperluas dan mempererat kerja sama, komunikasi, dan   kemitraan   antar   Fakultas Ilmu Pendidikan di Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) Negeri maupun Jurusan Ilmu Pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Indonesia.

Tema utama International Conference pada FIP-JIP 2023 adalah “Transformation of Education Science as the Main Foundation for Developing Excellent Quality Indonesian Human Resources” atau dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai “Transformasi Ilmu Pendidikan sebagai Fondasi Utama dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia Berkualitas”. Konferensi internasional ini bertujuan untuk mendorong inovasi dan pembaruan dalam ilmu pendidikan, serta membahas tantangan dan peluang dalam menghadapi era digitalisasi dan globalisasi.

Selain konferensi, FIP-JIP 2023 juga menyelenggarakan berbagai cabang pancalomba yang menarik minat mahasiswa. Cabang pancalomba tersebut meliputi Sayembara Logo Pancalomba, Tari Kreasi Mahasiswa, Lomba Mahasiswa Prestasi Unggulan, Lomba Media Pembelajaran, 3-Minute Speech on Education, Lomba Artikel Ilmiah, Lomba Gagasan Tertulis, Lomba Menyanyi Keroncong, Lomba Menyanyi POP, Lomba Poster, Lomba Karya Nyata Ormawa, Lomba Fotografi, Lomba Nyanyi Dangdut, Musikalisasi Puisi, Lomba Menulis Cerita Pendek, Lomba Mendongeng, dan Lomba Media Pembelajaran Non-Digital. Setiap cabang pancalomba tersebut mengundang partisipasi aktif dari peserta untuk menampilkan bakat, kreativitas, dan pengetahuan mereka di bidang pendidikan.

Pada tanggal 5 Juli 2023, delegasi dari Universitas Negeri Malang tiba di UNY untuk mengikuti lomba dan menghadiri acara pembukaan FIP-JIP 2023. Para delegasi tersebut merupakan perwakilan dari berbagai program studi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Mereka datang dengan semangat dan tekad untuk berkompetisi dengan peserta dari universitas lain serta untuk memperluas wawasan dan jaringan di dunia pendidikan.

Dalam acara penghargaan, FIP-JIP 2023 juga memberikan apresiasi kepada dosen dan tenaga kependidikan berprestasi yang telah memberikan kontribusi yang luar biasa dalam pengembangan ilmu pendidikan. Penghargaan tersebut menjadi momentum penting dalam mengakui upaya dan dedikasi mereka dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

FIP-JIP 2023 telah menjadi platform yang bermanfaat bagi para profesional, akademisi, dan mahasiswa dalam berbagi pengetahuan, bertukar ide, dan merangsang kolaborasi


intervento all'apparato gastrointestinale

Intervento Gastroenterologico

Testo aggiuntivo sull’intervento gastrointestinale.

di bidang ilmu pendidikan. Semoga acara ini akan berlanjut dan terus menjadi sumber inspirasi bagi pengembangan pendidikan di masa depan, dengan tujuan akhir meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia untuk mencapai keunggulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *